Saya mau sedikit berbagi pemahaman saya tentang graphic standard manual (panduan Identitas) atau nama lainnya graphic identity manual, graphic identity guideline, atau banyak sekali namanya,, tergantung negara mana penggunanya. Mengingat sedikit sekali sumber yang memberikan pemahaman tentang panduan identitas pada sebuah logo terutama dalam berbahasa indonesia... Sehingga saya mengalami sedikit kewalahan dalam mencari sumber tentang teori atau pengertian graphic standard manual sewaktu saya mendapatkan tugas kuliah. Kebanyakan sumber-sumber hanya memberikan contoh-contohnya saja...
Graphic standard manual adalah sebuah pedoman sebagai media acuan untuk menstandarisasi identitas yang telah dibuat untuk menjaga konsistensi identitas (logo) tersebut agar tetap tampil baik dan tidak salah dalam penempatannya pada berbagai media branding. Karena hal yang sering sekali terjadi adalah identitas tampil tidak konsisten akibat penggunaan yang salah. misalnya, warnanya yang tidak sesuai, atau logo tampil distorsi..hal ini dapat menjadi kesalahan yang fatal sekali dalam membangun brand anda. Karena dapat memporakporandakan persepsi masyarakat tentang brand anda. Pedoman identitas juga dapat berfungsi untuk mengecek dan mengukur keaslian sebuah identitas, untuk menghindari pembajakan. Biasanya Graphic Standard Manual oleh pembuat logo (Graphic Designer)
Logikanya begini..............
” kalo kita beli mobil atau motor, ataupun benda-benda elektronik, pastinya kita selalu mendapatkan buku panduann untuk penggunaan benda yang kita beli tersebut”.
Seberapa pentingkah graphic standard manual untuk sebuah logo??
sebagai contoh:
kita ingin mencetak sebuah kartu nama ataupun kop surat ke sebuah percetakan.. apa yang harus di jelaskan kepada pihak percetakan jika mereka bertanya
- Berapa kode warna logo tersebut?
- Berapa ukuran fontnya?
- Bagaimana layout bentuk dari kartu nama atau kop surat tersebut?
Jika kita memiliki graphic standard manual semua hal itu dapat teratasi..
Oleh karena itu,, desainer pembuat logo perlu memberikan pemahaman kepada kliennya. apa dan mengapa pedoman identitas ini penting, karena pada umumnya masyarakat awam tidak mengerti tentang pedoman identitas. Untuk menjaga kesinambungan visual, kekuatan logo secara terus menerus, karena itulah dibutuhkan sebuah graphic standard manual.
Hal yang sering terjadi sebagai akibat tidak adanya atau tidak mengikuti acuan Graphic Standard Manual dari logo adalah :
- Logo mengalami perubahan baik warna, bentuk, maupun komposisi. sehingga mengakibatkan perbedaan persepsi dan image yang diterima oleh masyarakat luas.
- Logo terkesan murah dan tidak mempunyai nilai yang kuat karena adanya perubahan perubahan yang terjadi.
- Penyebaran pesan perusahaan yang tidak konsisten yang menyebabkan terhambatnya proses penanaman image perusahaan kepada audiencenya
Hal apa saja yang terdapat pada graphic standard manual (panduan identitas)?
- Pembukaan
- Makna Logo
- logo hitam putih
- logo graysacale
- Logo in Grid
- Clear Space Area
- Warna
- Tipografi
- lemen estetis
- Layout Penerapan Identitas,
- Incorret Used
- Satationeries
- Dll.
Tidak hanya itu, ada kalanya perusahaan besar membuat pedoman yang terdiri dari beberapa macam pedoman yang saling terpisah, misalnya pedoman khusus untuk advertising, pedoman khusus untuk signage, pedo¬man khusus untuk kemasan, semua disesuaikan dengan kebutuhan. Diluar pedoman yang umum ada juga yang mencantumkan tone / tata bahasa perusahaan, signage, seragam karyawan, desain interior dan eksterior gedung, display untuk pameran, kemasan produk, gift dan lain-lain. semua tergantung dari kebutuhan perusahaan, besar kecilnya perusahaan, budget dan banyak lagi faktor lainnya.
Buat contoh dan inspirasi temen-temen,, nih saya kasih contoh graphic standard manual yang pernah saya buat waktu dapet tugas kuliah kemaren saya mengangkat korporate identity perusahaan event organizer...semoga bermanfaat yaaa...
gila makasih ni sumpah ketolong,.. ni kaya gw kenal punya PUTRA y hhe?
BalasHapusMakasih bang wawasannya
BalasHapusBerguna banget tuk TA sy.
thank you banget bang , ngebantu banget referensinya (y)
BalasHapusterima kasih atas referensinya gan, membantu banget untuk tugas akhir saya :D
BalasHapusTerimaKasih Kang Bantuannya,.........!!!!
BalasHapus"Q"
makasi banget referensinya :)
BalasHapussangat sangat membantu...
makasih referensinya :)
BalasHapusbener bener ngebantu tugas saya :D
mas bisa email softcopynya???
BalasHapusngebantu banget , makasih !
BalasHapusfile lama ilangh , mau bikin lagi keimpungan untung nemu..
btw saya ini buat tugas awal awal semester pada , kenapa yg lain tugas akhir o<-<
Makasih ya, ngebantu banget buat tugas akhir tentang pembuatan GSM.
BalasHapusmas boleh minta soft filenya ? send to deansaputri@yahoo.com
BalasHapusterimakasih atas sharing nya.
BalasHapuspas banget emang lagi perlu...
mudah2an sy juga bisa membahas tema ini di www.infopercetakan.com
makasih banyak ats infonya.
BalasHapusmembantu banget.
Berguna bgt nih bro, boleh minta soft file gak, btw lagi TA nih butuh bgt, ke anezleciel@gmail.com sumpah masih kaku bgt di GSM, please.. :D
BalasHapusWhoaa makasih banget infonya, kebetulan TAnya bikin logo :') boleh share softcopynya ga mas? widuridwiastuti@gmail.com
BalasHapuswuanjaaaay si gokil putra sun bahahahahaha
BalasHapusjazakallahu khoiron
BalasHapussemoga dibales waktu diakhirat nanti kebaikannya ini bang
Terima kasih sudah membantu buat tugas UAS saya :')Semoga kebaikannya di balas oleh Allah SWT
BalasHapusKeren
BalasHapusterimakasih banyak mas
BalasHapusterimakasih banyakk.. kebantu bangett
BalasHapuskira kira kalau saya buat kampanye sosial harus ada graphic standar manual nya nggak ya?, mungkin agan agan bisa kasi pencerahan ke saya, terimakasih
BalasHapusbermanfaat sekali bangg,bang kirim soft file nya di email aku buat refrensi sholepranomo@gmail.com
BalasHapusthanks bro tulisannya, sampe sekarang masih bermanfaat. Sukses terus ya!!
BalasHapusMantap om :3
BalasHapushalo yang mampir
BalasHapusahh gila keren. thankyou so much.
BalasHapusThank you. Sangat membantu buat referensi
BalasHapus